Ad

EnglishFrenchSpanish

Free editor online | DOC > | XLS > | PPT >


OffiDocs favicon

Kebiasaan Yang Dilakukan Orang Jawa Saat Anak Lahir

Free download Kebiasaan Yang Dilakukan Orang Jawa Saat Anak Lahir free photo or picture to be edited with GIMP online image editor

Ad


TAGS

Download or edit the free picture Kebiasaan Yang Dilakukan Orang Jawa Saat Anak Lahir for GIMP online editor. It is an image that is valid for other graphic or photo editors in OffiDocs such as Inkscape online and OpenOffice Draw online or LibreOffice online by OffiDocs.

Kemunculan anak adalah kebahagian unik bagi keluarga, terlebih kira mereka pasangan suami orang belakang yang telah lama menyukai bertahun-tahun untuk memiliki famili, pasti dengan hadirnya si pelerai demam kebahagiaan yang dirasakan pasti begitu besar. Pada Indonesia sendiri memiliki demikian banyak tradisi dalam menyimpulkan kehadiran anak yang sudah lahir ke dunia, olehkarena itu memang Indonesia sendiri mempunyai jumlah suku yang penuh, sehingga memiliki adat kebiasaan ataupun tradisi tersendiri di setiap suku dalam menyambut kemunculan anak, tak terkecuali sama suku Jawa.

Dalam etiket jawa sendiri ada kurang lebih prosesi atau ritual di menyambut kelahiran anak, apa-apa saja sih? Yuk yang belum tahu bisa menyimak ulasan berikut ini:

1. Memperlakukan ari-ari bayi
Dari segi perkataan orang Jawa, plasenta bayi adalah saudaranya sepanjang dalam kandungan dan terbenam diperut pula ari-arilah yang menyuplai nutrisi untuk si bayi, maka dalam mengutarakan ari-ari bayi tidak larat sembarangan. Dalam adat jawa ada beberapa cara di memperlakukan ari-ari bari yang baru lahir diantaranya, yang pertama ari-ari dikubur tapi dalam prakteknya tidak larat asal mengubur begitu sekadar tetap ada ritual luar biasa dan tata caranya, yang kedua ari-ari dilarung di laut (dihanyutkan ke laut) orang Jawa bilang secara cara dilarung diharapkan bani memiliki pengetahuan yang raya.

2. Acara brokohan budak
Brokohan sendiri diambil daripada kata barokah yang berartiberkah, dimana pada prosesi tersebut mengharap keerkahan atas kesyahduan sang jabang bayi. Di dalam umumnya dalam prosesi brokohan, keluarga yang bersangkutan hendak membagikan nasi urap di tetangga keturunan saudara.

3. Sepasaran balita
Setelah balita berumur lima hari di umumnya wali bayi bakal melakukan acara syukuran / sering disebut dengan sedekahan dengan mengundang sanak dulur serta tetangga untuk mengahadiri acara ini.

4. Sarik tali pusar balita
Saluran pusar bayi yang telah terlepas menandakan harus diadakannya acara puputan yang di dalam umumnya pihak keluarga balita membuat bubur abang bersih (bubur merah putih) yang dibagikan ke tetangga dan sanak saudara.

5. Aqiqah
Meskipun selalu menjaga kebiasaan adat jawa bukan berguna tidak menjaga tradisi keyakinan islam, pada hari di 7 terhitung sejak kemunculan sang anak, pihak titisan melakukan aqiqah untuk si anak, aqiqah ini dikerjakan sebagai wujud syukur menurut Allah yang telah melepaskan kepercayaan dengan dititipkan-Nya seorang anak. Dalam pelaksanaan aqiqah biasanya diadakan penyembelihan fauna kambing, jika bayi cowok diwajibkan menyembelih 2 termuda kambing, sedangkan untuk budak perempuan cukup dengan seekor kambing saja. Lambat lena kebiasan menyembelih serta menyalut daging kambing menjadi makanan khas acara aqiqah tambah terkikis dengan adanya Jasa Aqiqah murah di Jogja, dimana usaha tersebut hadir dalam menyampaikan pelayanan terbaik kepada konsumennya agar lebih mudah serta prkatis dalam menggelar kalender aqiqah anak, sehingga kelompok orang tua tidak demi repot membeli dan menggorok kambing secara mandiri. Beserta menggunakan "jasa aqiqah jogja" konsumen tinggal terima tertata pesanan diantar kerumah.

6. Selapanan
Bayi yang teah berumur 35 hari di dalam umunya diselenggarakan acara selapanan.

Ke 6 prosesi lebih dari pasti memiliki makna / filosofi tersendiri, tiada salahnya untuk selalu melestarikan etiket budaya dan tradisi keyakinan islam, selam itu di hal kebaikan.

Free picture Kebiasaan Yang Dilakukan Orang Jawa Saat Anak Lahir integrated with the OffiDocs web apps


Free Images

Use Office Templates

Ad