Ad

EnglishFrenchSpanish

Free editor online | DOC > | XLS > | PPT >


OffiDocs favicon

HUKUM MENYIMPAN UANG DI BANK

Free download HUKUM MENYIMPAN UANG DI BANK free photo or picture to be edited with GIMP online image editor

Ad


TAGS

Download or edit the free picture HUKUM MENYIMPAN UANG DI BANK for GIMP online editor. It is an image that is valid for other graphic or photo editors in OffiDocs such as Inkscape online and OpenOffice Draw online or LibreOffice online by OffiDocs.


HUKUM MENYIMPAN UANG DI BANK



Pertanyaan:



Bismillah.
Assalamu'alaikum.
Ana mau tanya, apa hukum menyimpan atau menabung di bank seperti BCA, BRI, Mandiri, dan BNI? Apakah haram? Kalau itu haram, jika hendak menyimpan atau menabung hendaknya melalui bank apa ya?



Jazakallah khairan, barakallahfiikum.



Jawaban:



Oleh al-Ustadz Abu Ahmad hafizhahullah.



Hukum asal menyimpan di bank yang mengandung riba adalah haram, karena mengandung unsur ta'awwun (tolong menolong) atas perbuatan dosa yang mereka perbuat. Hanya saja ketika seorang merasa khawatir terhadap hartanya apabila disimpan sendiri akan hilang, dicuri, dirampok, dan senagainya, maka dalam kondisi seperti ini ada keringanan untuk menyimpan harta di bank ribawi selama tidak mengambil bunganya.



Kalau tidak ada kekhawatiran tersebut, maka kembali kepada hukum asalnya, yaitu haram. Hendaknya disimpan sendiri atau diamanahkan kepada seseorang yang terpercaya.



Sumber: Majmu'ah al-Fudhail
Publikasi: https://t.me/TJMajmuahFudhail


Free picture HUKUM MENYIMPAN UANG DI BANK integrated with the OffiDocs web apps


Free Images

Use Office Templates

Ad